TelkomGroup Sampaikan Pentingnya Mobile Behavior Insight untuk Industri Perbankan & Finansial

Sebagai wujud komitmen dalam mendukung transformasi digital di sektor perbankan dan finansial, TelkomGroup selenggarakan event Mobile Insight Webinar yang bertajuk “Boost Business Growth Strategy by Adopting Mobile Behavior Insight” melalui video conference CloudX pada hari Rabu (24/6). Acara ini menjadi ajang sharing session bagi para pelaku industri perbankan dan finansial untuk memahami bagaimana strategi data-driven analytics yang bersumber pada mobile behavior konsumen mampu meningkatkan bisnis perusahaan serta dapat mengimplementasikan ‘Know Your Customer’ secara tepat dan efisien.

Dalam sambutannya, Deputy Executive Vice President Divisi Enterprise Service Telkom Suhartono menyampaikan bahwa penggunaan data analytics di industri perbankan dan finansial dapat membantu perusahaan untuk meraih keuntungan kompetitif dari waktu ke waktu, “Perilaku individu yang kompleks dapat dianalisa dan dijadikan suatu insight, dimana banyak perusahaan dapat lebih fokus untuk mengenali serta memahami nasabah dan preferensinya dengan lebih baik. Oleh karena itu, insight data dari pengguna seluler menjadi senjata baru untuk mendukung pertumbuhan bisnis di industri ini,” ujar Suhartono.

“Dengan jangkauan yang luas, mobile Insight ini dapat langsung diterapkan perusahaan guna mengambil kebijakan bisnis dengan menggunakan algoritma yang sudah diuji sesuai target yang ingin disasar dan tujuan yang ingin dicapai. Misalnya untuk kebutuhan riset pasar, marketing campaign, maupun verifikasi calon pelanggan/nasabah baru,” tambah Suhartono.

Guna mempertegas dukungan bagi sektor perbankan dan finansial, TelkomGroup dalam event ini menghadirkan beberapa nara sumber diantaranya Pimpinan Redaksi Infobank Eko B. Supriyanto, CEO MDMedia Syaifudin, dan Vice President Data Solution Telkomsel Mia Melinda. Eko B. Supriyanto menyampaikan paparan dengan topik “How Banking &  Financial Industry Manages to Grow Business Using Digital Transformation?”. Dalam paparannya, Eko memberikan pemahaman terhadap resiko kredit, resiko pasar dan resiko likuiditas serta pentingnya shifting proses bisnis melalui digital transformation (Bank 4.0), salah satunya dengan memanfaatkan Third Party Data dalam bentuk smart data analytics untuk targeted customer.

Kemudian dilanjutkan dengan topik “Facing New Normal with Mobile Behaviour Insight” oleh Syaifudin yang menyampaikan pemahaman tentang bagaimana Data Driven Growth Strategy yang bersumber pada mobile behavior insight beserta dengan implementasinya. Selain itu, Mia Melinda juga menyampaikan paparan dengan topik “Know Your Customer Faster using Mobile Behavior Insight” dengan memberikan gambaran bagaimana Telco Data dapat membantu perbankan dan lembaga keuangan dalam mengimplementasikan ‘Know Your Customer’ secara tepat dan efisien.

Solusi layanan mobile insight yang dikenal dengan brand MaXight ini terbagi kedalam tiga layanan utama yaitu Mobility Insight, Risk Insight, dan Consumer Insight. Layanan Mobility Insight berupa riset insights terhadap aktivitas pengguna seluler yang digunakan untuk keperluan statistik, survey, maupun riset komersial. Layanan Risk Insight dibagi menjadi dua layanan yaitu Verification yang merupakan layanan verifikasi/validasi data pelanggan secara online berdasarkan tempat tinggal, lokasi kerja dan aktivitas komunikasi pengguna seluler, serta Credit Score yang merupakan layanan online scoring terhadap calon nasabah yang mengajukan kredit untuk menentukan tingkat resiko berdasarkan perilaku calon nasabah. Sedangkan layanan Consumer Insight dibagi menjadi tiga layanan yaitu Customer Insight Dashboard yang merupakan layanan online dashboard yang menyajikan profil konsumen, Custom SMS Profiling yang merupakan layanan SMS yang dapat menyasar target profil tertentu, serta Custom Digital Survey yang merupakan layanan penyelenggaraan survey pelanggan secara online kepada responden tertentu.

“Kami berkomitmen, sesuai dengan visi Telkom untuk menjadi perusahaan digital telco pilihan utama untuk memajukan masyarakat, kami siap mendukung proses digitalisasi sektor perbankan dan finansial guna meningkatkan pembangunan dan penguatan ekonomi Indonesia” tutup Suhartono.

Artikel Terkait

Wajib Bayar NonTunai Pakai QR Code di Pekan QRIS 2020

Tahukah kamu jika mulai 1 Januari 2020 lalu, Bank Indonesia sudah mewajibkan sel...

Safari Ramadhan BUMN Disambut Hangat Masyarakat Tarakan

Kementerian BUMN bersama seluruh BUMN di Indonesia kembali menyelenggarakan prog...

Posko TelkomGroup Siagakan 18.393 Personel Selama Lebaran

Jakarta, 17 Juni 2018 – Menyongsong Hari Raya Idul Fitri 2018,  PT Telkom Indone...